Text
Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) fisika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pokok bahasan elastisitas dan getaran harmonis
ABSTRAK
RR. HERTIARIN DWIMIVANUSA. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pokok Bahasan Elastisitas dan Getaran Harmonis. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan pada November 2016 hingga Januari 2017, SMAN 22 Jakarta kelas XI MIA 5 dengan 34 siswa dan 2 orang guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Sebelum melakukan penelitian, dilakukan observasi untuk mengetahui pendapat dan harapan mengenai bahan ajar berupa LKS. Hasil dari penelitian ini adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Fisika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat digunakan sebagai bahan ajar pada pokok bahasan Elastisitas dan Getaran Harmonis. LKS ini telah di validasi oleh 2 orang ahli materi dengan skor total 88,33%, 2 ahli media pembelajaran dengan skor total 82,85%. Dan LKS ini pun telah melalui proses uji kelayakan oleh 2 orang guru dengan skor total 89,84%. HasiL penelitian ini menunjukkan bahwa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Fisika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat digunakan sebagai bahan ajar pada pokok bahasan Elastisitas dan Getaran Harmonis.
Kata Kunci : Pengembangan, Contextual Teaching and Learning (CTL), Elastisitas, Getaran Harmonis
Bibliografi : lembar 75
SS00012778 | SK 12778 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain