Text
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis guided inquiry pada materi fluida statis untuk Fisika SMA
ABSTRAK
EMI SEPTIYANTI. NIM: 3215126546. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Fluida Statis Untuk Fisika SMA. Jakarta: Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Guided Inquiry untuk fisika SMA sehingga layak dan dapat dijadikan bahan ajar untuk mendukung pembelajaran fisika. Pengembangan ini terdiri dari tahap 6 tahap, yaitu: Analisis Pembelajaran; Menentukan Standard dan Tujuan; Memilih Starategi, Teknologi, Media, dan Bahan Ajar; Menggunakan Teknologi, Media, dan Bahan Ajar; Mengembangkan Partisipasi Peserta Didik; dan Mengevaluasi dan Merevisi.LKS divalidasi oleh ahli materi, media, pembelajaran, dan guru SMA. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh presentase sebesar 78,45% yang termasuk ke dalam kategori “sangat baik”. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh presentase sebesar 88,69% yang termasuk ke dalam kategori “sangat baik”. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran memperoleh presentase sebesar 72,70% yang termasuk ke dalam kategori “baik”. Hasil uji coba dengan uji N-gain memperoleh nilai sebesar 0,596825 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Hasil penelitian menyatakan LKS berbasis Guided Inquiry untuk fisika SMA layak dan dapat dijadikan bahan ajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kategori sedang.
Kata kunci : LKS, Guided Inquiry
Bibliografi : lembar 88-90
SS00012779 | SK 12779 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain