Text
Pengaruh pelatihan group work terhadap adaptabilitas karir mahasiswa kependidikan Universitas Negeri Jakarta
PENGARUH PELATIHAN GROUP WORK TERHADAP ADAPTABILITAS KARIR MAHASISWA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA RENI SINTA DEWI No. Reg. : 1726149007 Pembimbing Utama: Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi. Pembimbing Pendamping : Dr. Aip Badrujaman, M.Pd. MAGISTER BIMBINGAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA FEBRUARI 2017
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan group work terhadap peningkatan adaptabilitas karir mahasiswa jurusan kependidikan Universitas Negeri Jakarta. Banyaknya pengagguran yang terjadi di Indonesia disebabkan oleh lulusan perguruan tinggi yang tidak siap pakai baik dari segi keterampilan dan pengetahuan. Pengangguran juga disebabkan oleh ketidaksesuaian antara jurusan dengan pekerjaan dan cita-cita, gaji yang kurang, serta ketidaksiapan menerima perubahan. Sebagai mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam kesiapan menjalani hal-hal yang terprediksi maupun tidak di lingkungan pekerjaan. Kemampuan ini disebut sebagai adaptabilitas karir. Sehingga menjadi penting bagi mahasaiswa untuk memiliki adaptabilitas karir yang tinggi. Adaptabilitas karir yang tinggi harus memenuhi 4 dimensi yaitu concern, control, curiosity dan confidence. Bagi mahasiswa UNJ yang terindikasi memiliki adaptabilitas karir yang rendah, dapat diberikan bantuan/intervensi berupa pelatihan. Dalam penelitian ini, adaptabilitas karir dilakukan dengan menggunakan pelatihan group work. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Dari 388 sampel, terdapatlah 66 orang mahasiswa yang memiliki kategori rendah dan sangat rendah. Adapun 66 orang mahasiswa tersebut dibagi menjadi dua kelompok yaitu sebanyak 33 orang pada kelompok eksperimen dan 33 orang pada kelompok kontrol. Hasil pelatihan di dapat bahwa berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Uji Wilcoxon pair test diperoleh p= 0,000. Dengan ɑ=0,05. Dasar pengambilan keputusan untuk menentukan pengaruh pelatihan group work terhadap adaptabilitas karir mahasiswa adalah dengan membandingkan nilai probabilitas (p) yang diperoleh dengan ɑ =0.05. Berdasarkan hasil tersebut artinya tolak hipotesis nol (Ho), bahwa pelatihan group work efektif (berpengaruh) meningkatkan adaptabilitas karir mahasiswa jurusan kependidikan UNJ
Kata Kunci: Adaptabilitas karir, concern, control, curiosity, confidence, pelatihan, group work
EFFECT OF GROUP WORK TRAINING TOWARD CAREER ADAPTABILITY OF FACULTY OF SCIENCE EDUCATION JAKARTA STATE UNIVERSITY STUDENTS RENI SINTA DEWI No. Reg. : 1726149007 Pembimbing Utama: Dr. Dede Rahmat Hidayat, M.Psi. Pembimbing Pendamping : Dr. Aip Badrujaman, M.Pd. MASTER GUIDANCE COUNSELING FACULTY OF SCIENCE EDUCATION STATE UNIVERSITY OF JAKARTA FEBRUARY 2017
ABSTRACT
The number of unemployment that occurred in Indonesia is caused by college graduates that are not ready in terms of both skills and knowledge. Unemployment is also caused by the mismatch between the majors in college and work and ideals, low salary, and unpreparedness to accept changes. But even so there are also alumnus of several departments at universities that work in accordance with their majors. Therefore, an alumnus who has a job whether it is in accordance with his major or not in college, has to own an ability to cope with unpredictable conditions in job environment. This ability is called career adaptability. In such a way that it is important for students and alumna to have high career adaptability. High career adaptability has to fulfill four dimensions that are concern, control, curiosity and confidence. For students who indicated had low career adaptability, assistance/intervention could be given in the form of training. Career adaptability in this study is done by using group work training. Quasi-experimental research method and purposive sampling are executed. There are 66 of 388 students categorized in low and very low career adaptability. This 66 students are divided into two equal groups: each 33 students in the experimental and control group. For those in the experimental group are trained with group work method. Based on calculation using the Wilcoxon Pair Test p = 0.000 was obtained with ɑ = 0.05. To determine the effect of group work training towards career adaptability of students is by comparing the probability value (p) obtained by ɑ = 0:05. Study result indicated to reject the null hypothesis (Ho), which means there is significant difference between the experimental and control gain. It could be argued that effective work group training effects to increase career adaptability of Education Department students of Jakarta State University.
Keywords: Career adaptability, concern, control, curiosity, confidence, training, group work
Bibliografi : lembar 146-152
TM00002387 | TM 2387 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain