Text
Program pengembangan karir calon pendidik : penelitian pengembangan di Universitas Negeri Jakarta
PROGRAM PENGEMBANGAN KARIR CALON PENDIDIK (Penelitian Pengembangan di Universitas Negeri Jakarta) (2017)
ARGA SATRIO PRABOWO
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model instruksional, yaitu program pengembangan employability skills calon pendidik. Tujuan program tersebut adalah untuk meningkatkan kemampuan employability skills calon pendidik. Penelitian ini didasari oleh hasil analisis asesmen kebutuhan bahwa salah satu permasalahan yang terjadi pada guru di Indonesia adalah rendahnya employability skills. Salah satu bentuk penanganan yang dapat dilakukan adalah dengan cara melatihkan employability skills pada calon pendidik yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Hasil dari analisis asesmen kebutuhan mengenai employability skills pada mahasiswa program studi kependidikan Universitas Negeri Jakarta juga menunjukan bahwa 67% mahasiswa berada pada tingkat penguasaan employability skills yang rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan desain instruksional ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) mengembangkan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Pengujian model instruksional melibatkan ahli kurikulum dan teknologi pendidikan, serta mahasiswa program studi kependidikan Universitas Negeri Jakarta. Berdasarkan hasil pengujian, maka model instruksional dinyatakan layak untuk diimplementasikan pada responden. Hasil implementasi atau pengujian empirik secara terbatas juga menunjukan bahwa terjadi peningkatan kompetensi employability skills yang signifikan pada responden sebelum dan setelah mengikuti model program instruksional. Penelitian ini juga membahas mengenai kelemahan program yang ditemukan setelah uji coba dilakukan sebagai rekomendasi penelitian selanjutnya. Kata kunci: Model instruksional, program pengembangan karir, employability skills
CAREER DEVELOPMENT PROGRAM FOR PROSPECTIVE EDUCATOR (Research and Development at the State University of Jakarta) (2017)
ARGA SATRIO PRABOWO
ABSTRACT This study attempts to develop a instructional model, namely is the program development employability skills for candidates educator. The purpose of the program is to enhance the capacity of employability skills prospective educator. The study is based on the analysis of the assessments that one of problem that happens for the teacher in indonesia is lack of employability skills. The solution form to handling that issue is by training the employability skills in prospective educators who are studying in college. The result of analysis from needs assessments about employability skills in college student who take the educational program in State University of Jakarta show that 67 % students lack of employability. Research methodology used is the method instructional design development ADDIE was consisting of five developmental stage which are ( 1 ) analysis of , ( 2 ) the design , ( 3 ) develop , ( 4 ) implementation , ( 5 ) evaluation. Testing instructional model involving the curriculum and technology education expert, and student of educational program in State University of Jakarta. Based on the results of testing, this instructional model announced eligible to implement among respondents. The result of the implementation or limited empirical testing also showed that an increasing employability skills significant competence on the respondents before and after following the model of the instructional program .The research also discusses weakness of the instructional program after the trial was done as recommendations for the next research.
Keywords: Instructional model, career development program, employability skills
Bibliografi : lembar 128-130
TM00002376 | TM 2376 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain