Text
Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode global pada peserta didik gangguan intelektual ringan kelas IV : suatu penelitian tindakan kelas di SLB C Kembar Karya Pembangunan, Perumnas Klender Jakarta Timur
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA PESERTA DIDIK GANGGUAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS IV (Suatu Penelitian tindakan kelas di SLB-C Kembar Karya Pembangunan, Perumnas Klender Jakarta Timur) (2016)
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi secara jelas mengenai meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan metode global pada peserta didik gangguan intelektual ringan kelas IV di SLB-C Kembar Karya, Jakarta TImur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai bulan Desember 2016 dengan subjek penelitian di kelas IV sebanyak 5 peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Standar keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi yaitu sebesar 65. Analisis data yang diperoleh nilai kemampuan awal sebesar 20.4, setelah melakukan tindakan siklus I nilai kemampuan membaca permulaan menjadi 36.2, dikarenakan nilai belum mencapai standar keberhasilan siswa dalam menguasai materi, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II dengan nilai 65,01. Dampak dari penelitian ini adalah guru menjadi lebih kreatif dalam memberikan motivasi peserta didik untuk membaca. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode global mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas IV di SLB C Kembar Karya.
Kata Kunci: Membaca Permulaan, Metode Global, Peserta Didik Gangguan Intelektual Ringan Bibliografi : lembar 126-127
SS00012802 | SK 12802 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain