Text
Perbandingan disposisi matematis antara penggunaan metode penemuan terbimbing dan metode REACT pada siswa kelas V Sekolah Dasar : studi komperatif di Kecamatan Tebet Jakarta Selatan
PERBANDINGAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA PENGGUNAAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DAN METODE REACT PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
(Studi Komparatif di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan)
Imam Syafrizal
ABSTRAK
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan disposisi matematis antara penggunaan metode penemuan terbimbing dan metode REACT pada siswa kelas V sekolah dasar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan kelas V-C di SDN Kebon Baru 09 Jakarta Selatan. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain pre and post tes group design. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket dan dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan metode penemuan terbimbing memiliki disposisi matematis yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar menggunakan metode REACT. Hasil ini menunjukkan bahwa metode penemuan terbimbing lebih dapat meningkatkan disposisi matematis dibandingkan metode REACT. Oleh sebab itu, guru perlu memilih metode yang tepat untuk dapat meningkatkan disposisi matematis siswa.
Kata kunci: disposisi matematis, penemuan terbimbing, REACT.
Bibliografi : lembar 66-67
SS00012801 | SK 12801 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain