Text
Meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran PKN melalui pendekatan roundtable di kelas IV SDN Setiabudi 01 Pagi Jakarta Selatan
Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran PKn melalui Pendekatan Roundtable pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Joana Carcia Matio Silalahi
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Roundtable sebagai upaya meningkatkan kreativitas siswa di kelas IV SDN Setiabudi 01 Pagi yang berlokasi di Jalan Setiabudi Barat no. 8K Jakarta Selatan. Waktu Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2016/2017, yakni pada bulan Mei-Juni 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahap setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian dengan menerapkan pendekatan Roundtable meningkatkan kreativitas siswa di kelas IV . Pada siklus I dan II mencapai 56%, dan 88%. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Roundtable dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas siswa pada materi lingkungan setempat di kelas IV Sekolah Dasar.
Kata kunci : Meningkatkan kreativitas pada pembelajaran PKn melalui pendekatan Roundtable kelas IV Sekolah Dasar.
Bibliografi : lembar 85-87
SS00012800 | SK 12800 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain