Text
"Meningkatkan kemampuan siswa membuat rumah adat menggunakan kertas kokoru melalui media visual pada pembelajaran SBK di kelas IV SDIT Global Insani Bekasi Barat"
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBUAT RUMAH ADAT MENGGUNAKAN KERTAS KOKORU MELALUI MEDIA VISUAL PADA PEMBELAJARAN SBK DI KELAS IV SDIT GLOBAL INSANI BEKASI BARAT
(2017)
DIAN AMALIA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan siswa dalam membuat rumah adat menggunakan kertas kokoru melalui media visual pada siswa kelas IV SDIT Global Insani Bekasi Utara. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Global Insani Bekasi Barat pada semester I tahun ajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh hasil analisis pada proses berkarya dan hasil karya rumah adat yang dilakukan siswa, hasil pengamatan tindakan guru dan siswa dalam pembelajaran menggunakan media visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa dengan digunakannya media visual pada tahap pembelajaran. Kemampuan siswa memperoleh persentase 50.00% pada siklus I, dan persentase pada siklus II yaitu 83,33% . hal ini menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan pada kemampuan siswa membuat rumah adat. Adapun hasil analisis pemantauan tindakan guru dan siswa pada penggunaan media visual yaitu mencapai persentase 85,5% pada siklus I dan persentase pada siklus II mencapai 95,5%. Maka media visual merupakan media alternatif pada pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan.
Kata Kunci : Kemampuan Siswa, Seni Budaya dan Keterampilan, Media Visual, Penelitian Tindakan, Kelas IV SD
Bibliografi : lembar 113-114
SS00013358 | SK 13358 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain