Text
Pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi kelas X di SMA Islam Gema Nurani Bekasi
ABSTRAK
PRIAMBODO RYAN PRASETYO. 8105128071. PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X DI SMA ISLAM GEMA NURANI. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi kelas x di SMA Islam Gema Nurani Bekasi.
Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung bulan November 2016 sampai dengan bulan Januari 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Islam Gema Nurani Bekasi. Populasi terjangkaunya adalah seluruh kelas X yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan data, wawancara dan kuesioner. Untuk menjaring data hasil belajar (Y), motivasi belajar (X1) dan lingkungan belajar (X2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri atas uji f dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara motivasi belajar dengan hasil belajar belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 3,185 > nilai ttabel sebesar 1,67. Lingkungan sekolah berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung 5,602> nilai ttabel sebesar 1,67. Motivasi belajar dan lingkungan sekolah secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 33,372> nilai Ftabel sebesar 3,17. Persamaan regresi yang didapat adalah ̂ . Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,548 yang berarti motivasi belajar (X1) dan lingkungan sekolah (X2) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) sebesar 54,8%.
Bibliografi : lembar 89-90
SS00012780 | SK 12780 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain