Text
Perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar mata pelajaran pemograman Web siswa kelas X TKJ SMK Negeri 26 Jakarta
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB SISWA KELAS X TKJ SMK N 26 JAKARTA MUHAMMAD ADAM
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division dengan model pembelajaran Langsung terhadap hasil belajar mata pelajaran Pemrograman Web siswa kelas X TKJ SMK N 26 Jakarta. Metode penelitian ini adalah eksperimental dengan populasi seluruh siswa kelas X jurusan TKJ SMK N 26 Jakarta. Penarikan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling, dimana sampel yang digunakan adalah siswa kelas X TKJ dengan X TKJ 1 dikelompokan ke dalam kelompok eksperimen (X1) dan X TKJ 2 dikelompokkan ke dalam kelompok kontrol (X2). Kelompok eksperimen akan diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division sedangkan kelompok kontrol akan diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Berdasarkan data yang diambil melalui tes akhir berupa post test terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar mata pelajaran Pemrograman Web siswa kelas X TKJ SMK N 26 Jakarta. Melalui penghitungan statistik diperoleh
SS00012927 | SK 12927 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain