Text
Pengaruh pengendalian perilaku belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kayang dalam senam lantai : studi eksperimen di SDN Pekayon 06 Petang Jakarta Timur
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengendalian perilaku belajar terhadap hasil belajar kayang dalam senam lantai, pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kayang dalam senam lantai, pengaruh pengendalian perilaku belajar dan motivasi belajar secara bersamaan terhadap hasil belajar kayang dalam senam lantai.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan pada siswa / siswi SD kelas 4 dan 5 di SDN Pekayon 06 PT, Kota Jakarta Timur pada tahun 2013. Populasi adalah 285 orang dan sampel adalah 80 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling, untuk pemberian perlakuan pada masing-masing motivasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner motivasi belajar untuk mengukur tinggi rendahnya motivasi belajar, hasil gerak kayang dari atas untuk mengukur hasil belajar kayang. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji normailitas menggunakan Shapiro – wilk untuk mengetahui data yang ada termasuk data normal atau tidak, kemudian uji homogenitas levene test / uji F (untuk dua kelompok data) dan uji Barlett ( untuk data lebih dari dua kelompok), untuk uji hipotesis statistik dengan menggunakan independen t Test pada taraf sinifikan α=0.05, dilanjutkan dengan uji analisis varians (ANOVA).
Hasil perhitungan data menunjukkan (1) terdapat perbedaan hasil belajar kayang dalam senam lantai antara pengendalian perilaku belajar dengan reward collection dan pengendalian perilaku belajar dengan lisan, (2) terdapat perbedaan hasil belajar kayang dalam senam lantai antara siswa yang diberikan pengendalian perilaku belajar reward collection yang memiliki motivasi tinggi dengan siswa yang diberikan pengendalian perilaku belajar dengan lisan yang memiliki motivasi tinggi, (3) terdapat perbedaan hasil belajar kayang dalam senam lantai antara siswa yang diberikan pengendalian perilaku belajar reward collection yang memiliki motivasi rendah dengan siswa yang diberikan pengendalian perilaku belajar dengan lisan yang memiliki motivasi rendah, (4) terdapat pengaruh interaksi antara pengendalian perilaku belajar dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar kayang dalam senam lantai,
Kata Kunci : motivasi belajar, pengendalian perilaku belajar, reward collection, hasil belajar kayang.
Bibliografi : lembar 110-111
TM00005016 | TM 5016 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain