Text
Meningkatkan konsep diri siswa terhadap matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) kelas IV SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen Jakarta Pusat
Meningkatkan Konsep Diri Siswa Terhadap Matematika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas IV SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen Jakarta Pusat Silvia Handayani
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen Jakarta Pusat, penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2016 s/d Desember 2016. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep diri siswa terhadap matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah siswa kelas IV SDN Cempaka Putih Barat 17 Pagi Senen Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Alat pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu dokumentasi, observasi dan kuesioner (angket). Hasil analisis data siklus I pertemuan pertama aktivitas guru memiliki nilai persentase 75,00%, pertemuan kedua 77,50%, dan pertemuan ketiga 82,50%. Nilai persentase aktivitas siswa pertemuan pertama 73,75%, pertemuan kedua 76,25%, dan pertemuan ketiga 81,25%. Pada siklus II pertemuan pertama persentase aktivitas guru mencapai 90,00%, pertemuan kedua 95,00%, dan pada pertemuan ketiga 98,75%. Aktivitas siswa pada siklus II pada pertemuan pertama aktivitas siswa memiliki nilai persentase 87,50%, pertemuan kedua 93,75%, dan pada pertemuan ketiga 97,50%. Hasil analisis data konsep diri siswa pada siklus I mencapai persentase 60% dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu mencapai persentase 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konsep diri siswa terhadap matematika meningkat dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.
Kata Kunci: Konsep Diri, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Siswa Kelas IV, Pecahan dan Penelitian Tindakan Kelas Bibliografi : lembar 104-106
SS00013013 | SK 13013 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain