Text
Pembentukan kecerdasan interpersonal anak usia 4-5 tahun di lingkungan sekolah TK-Kartini : penelitian deskriptif kualitatif di Kebon Jeruk Jakarta Barat
Pembentukan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 4-5 Tahun di Lingkungan Sekolah Tk-Kartini
(Penelitian Deskriptif Kualitatif, Kebon Jeruk, Jakarta Barat) (2017) Lia Farhiyah
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan tentang pembenatukan kecerdasan interpersonal anak usia 4-5 tahun di lingkungan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah Taman Kanak-kanak Kartini, Berdikari, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dikumpulkan dengan cara mengamati dan mencari informasi mengenai kecerdasan interpersonal anak usia 4-5 tahun di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan anak usia 4-5 tahun di Tk-Kartini memiliki kemampuan berbagi makanan dan berbagi mainan kepada teman sebaya, memiliki kemampuan bekerjasama yang baik kepada orang lain dan teman sebaya, sehingga mampu menunjukkan rasa peduli dan membantu sesama, mampu menunggu giliran saat mencuci tangan, mampu meletakkan sesuatu pada tempatnya, mampu bekerjasama merapikan mainan setelah selesai bermain,. Hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan kemampuan berbagi dan bekerjasama yang baik mampu menciptakan hubungan yang harmonis sesama teman sebaya.
Kata kunci: kecerdasan interpersonal, penyesuaian diri , lingkungan sekolah.
Bibliografi : lembar 117-119
SS00013012 | SK 13012 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain