Text
Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SD di Jakarta Timur
PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD DI JAKARTA TIMUR (2017)
Yuliana Eka Priantini
ABSTRAK
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SD yang dalam pembelajarannya menerapkan Problem Based Learning. Penelitian dilaksanakan di SD Jakarta Timur khususnya di kelas IV semester 1 tahun ajaran 2016-2017. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Multiple Stage Random Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain Pretest-Posttest Only Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes tertulis berbentuk uraian dan dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas, yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan, menunjukkan bahwa t hitung sebesar 8,620, sedangkan harga ttabel pada taraf signifikan = 0,05 adalah sebesar 1,67. Artinya hipotesa nol (Ho) ditolak dan hipotesis penelitian diterima (H1). Dengan demikian dapat artikan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SD. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Problem Based Learning dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SD.
Kata Kunci: Problem Based Learning, kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas IV SD.
Bibliografi : lembar 93-97
SS00012883 | SK 12883 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain