Text
Upaya meningkatkan sikap belajar siswa kelas XI SMA Negeri 72 Jakarta pada mata pelajaran sejarah melalui model group investigation
ABSTRAK
Kamelia Fitri Jahra. Upaya Peningkatan Sikap Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 72 Jakarta Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Model Group Investigation. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2011.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah melalui model group investigation. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 72 Jakarta, dengan subyek penelitian kelas XI IBB yang berjumlah 25 siswa pada semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dengan 2 siklus dengan materi pokok Proses Masuk dan Perkembangan Penjajahan Portugis dan Spanyol di Indonesia. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner skala sikap, observasi presentasi & makalah, dan catatan lapangan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tindakan pada tiap siklus terhadap sikap belajar siswa melalui model group investigation menujukan peningkatan dari 79.8% pada siklus I, dan 86% pada siklus II, dengan pencapaian 16 atau 64% siswa mencapai kriteria baik dan 9 atau 36% siswa masih pada kriteria cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan pencapaian sikap belajar siswa sebanyak 19 atau 76% mencapai kriteria baik dan 6 atau 24% siswa telah mencapai kriteria sangat baik. Penelitian ini juga di dukung dengan rata-rata hasil observasi presentasi siswa sebesar 80 pada siklus I dan 92.6 pada siklus II, serta hasil kerja kelompok sebesar 89 pada siklus I dan 94 pada siklus II.
Berdasarkan temuan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa sikap belajar siswa kelas XI IBB SMAN 72 pada mata pelajaran Sejarah telah meningkat melalui model group investigation.
Kata Kunci: Sikap Belajar. Mata Pelajaran Sejarah. Penelitian Tindakan Kelas. Model Group Investigation.
Bibliografi : lembar 143-146
SS00013011 | SK 13011 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain