Text
Meningkatkan kreativitas membuat mozaik dalam pembelajaran seni rupa melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur
Meningkatkan Kreativitas Membuat Mozaik Dalam Pembelajaran Seni Rupa Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur Fira Andriani 2017
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas membuat mozaik dalam pembelajaran seni rupa melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini diadakan di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester I tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 38 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yaitu tahapan perencana, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui pengamatan/observasi dan melakukan wawancara, serta mengumpulkan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses belajar mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan menggunakan metode Demonstrasi pada siklus I adalah 63,15%, dan siklus II adalah 92% dapat disimpulkan bahwa Meningkatkan Kreativitas Membuat Mozaik Dalam Pembelajaran Seni Rupa Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur dapat ditingkatkan dalam Pelajaran Seni Rupa Melalui Metode Demonstrasi. Adapun hasil pengamatan guru dan siswa dalam penelitian ini terdapat pada siklus I yaitu 64% dan pada siklus II mendapatkan hasil 82,25%. Maka dapat disimpulkan dalam penelitian ini dikatakan berhasil.
Kata Kunci : Kreativitas, Mozaik, Pembelajaran Seni Rupa, Metode Demonstrasi. BIbliografi : lembar 105-107
SS00012884 | SK 12884 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain