Text
Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar mata pelajaran pengantar akuntansi pada siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMKN 8 Jakarta tahun ajaran 2016/2017
ABSTRAK
AHMAD FITRAH, Pengaruh Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pengantar Akuntasi Kelas X Akuntansi SMK Negeri 8 Jakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran pengantar akuntasi kelas X Akuntansi SMK Negeri 8 jakarta, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis asosiatif. Pengumpulan data menggunakan proporsional random sampling. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas X Akuntansi 1,2,dan 3 sebanyak 108 siswa dengan sampel penelitian berjumlah 84 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis, regresi berganda dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan Dari perhitungan uji koefisien regresi parsial antara variabel perhatian orang tua dengan hasil belajar yang menggunakan SPSS menyatakan bahwa thitung (4,932) > ttabel (1,989) sehingga hipotesis Ho ditolak yang artinya secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara variabel minat belajar dengan hasil belajar yang menggunakan SPSS menyatakan bahwa thitung (3,287) > ttabel (1,989) sehingga hipotesis Ho ditolak yang artinya secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa Secara simultan, menyatakan bahwa dapat dilihat Fhitung > Ftabel (22,902>3,11). Hal ini berarti bahwa persepsi siswa tentang perhatian orang tua dan minat belajar berpengaruh secara serentak dengan hasil belajar. Jadi kemampuan dari variabel perhatian orang tua dan minat belajar untuk menjelaskan hasil belajar secara simultan sebesar 36,1%.
Kata Kunci : Perhatian, Orangtua, Minat, Belajar, Hasil Belajar. Bibliografi : lembar 82-85
SS00012787 | SK12787 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain