Text
Pengembangan video profil Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta sebagai sumber belajar bagi mahasiswa tahun pertama
ABSTRAK
WIDYA RESTU PERWITASARI. Pengembangan Video Profil Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta Sebagai Sumber Belajar Bagi Mahasiswa Tahun Pertama. Skripsi. Jakarta: Program Studi Teknologi pendidikan, Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menghasilkan produk sebuah video profil Program Studi Teknologi Pendidikan sebagai informasi tambahan yang lebih lengkap bagi mahasiswa tahun pertama sebagai gambaran awal dasar pengetahuan mengenai profil program studi teknologi pendidikan. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Pada model pengembangan ADDIE ini memiliki model pengembangan yang sistematis dengan memfokuskan untuk menghasilkan suatu produk yang menarik, serta disetiap langkah pengembangannya terus berhubungan langsung dengan aktifitas revisi. Model pengembangan ADDIE dilakukan melalui tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation.
Pada tahapan tersebut dijadikan pedoman untuk penelitian pengembangan dalam menghasilkan produk video profil. Indikator yang diukur pada penelitian yaitu proses pembelajaran dengan menggunakan video dan hasil belajar siswa. Pada pengembangan ini telah memenuhi kriteria setelah melewati empat tahap ujicoba antara lain expert review, one to one, small group, dan field test. Pengembangan ini melibatkan beberapa ahli dibidang keahliannya, yaitu bapak Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd sebagai ahli media, dan ibu Dra. Suprayekti, M.Pd sebagai ahli materi. Penilaian menggunakan skala nilai 1-4. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan evaluasi pada tahapan expert review adalah 3,33. Pada tahapan uji coba one to one memperoleh hasil nilai rata-ratanya adalah 3,52. Pada tahapan uji coba small group memperoleh hasil rata-ratanya adalah 3,36. Dan pada tahapan uji coba field test memperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 8,50.
Implikasi dari hasil penelitian pengembangan ini bagi dosen dan mahasiswa diharapkan dapat digunakan untuk memotivasi diri dalam memanfaatkan video profil sebagai media pembelajaran yang lebih menarik dan kreatif. Selain itu kepada mahasiswa lain yang akan mengembangkan media, diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam melakukan penelitian yang lebih baik.
Kata Kunci : Pengembangan, Video Profil, Model ADDIE
SS00012885 | SK 12885 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain