Text
Penerapan perilaku disiplin anak usia 5-6 tahun : penelitian diskriptip kualitatif di TK Islam plus edu/prog ,Pondok Gede , Bekasi
PENERAPAN PERILAKU DISIPLIN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
PENELITIAN KUALITATIF DI TK ISLAM PLUS EDU/PROG 2017
FIZZI ANGGRAENI
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perilku disilpin anak usia 5-6 tahun dan bagaimana cara guru membentuk perilaku disiplin anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi dilakukan di sekolah inklusi TK Islam plus edu/prog, Pondok Gede, Bekasi. Analisis dan interpretasi data menunjukkan bahwa perilaku disiplin ditunjukkan anak dengan (1) Tepat waktu (tidak terlambat, sholat tepat waktu), (2) Bertanggung jawab dalam setiap kegiatan (merapihkan mainan, peralatan belajar, tempat makan), (3) Mengikuti peraturan (menaruh sepatu pada tempatnya, tidak buang sampah sembarangan, merawat tanaman, berkerjasama), (4) Tertib dan rapih (tidak berlari-lari saat sedang berbaris, mau bergantian, dan bersabar, ketika sholat tidak bercanda). Selanjutnya, bagaimana cara guru membentuk perilaku disiplin anak adalah dengan (1) pembiasaan kepada anak secara berulang-ulang, (2) memberikan contoh dan tauladan kepada anak, (3) memberikan arahan kepada anak, (3) berkomunikasi dan berdiskusi dengan anak, dan (4) Motivasi dan teguran Temuan mengarah pada terbentuknya perilaku disiplin anak dengan cara yang diberikan oleh guru. Selain itu, kegiatan yang diberikan oleh guru juga mendukung pembentukan perilaku disiplin anak, anak dilatih untuk bertanggung jawab pada kegiatan, tertib dan rapih, juga mengikuti peraturan. Seperti kegiatan cooking, kegiatan berenang, sholat berjamah, fieldtrip, main bersama.ini juga disarankan untuk para guru dan orang tua untuk saling bekerjasama dan berkomunikasi agar perilaku disiplin anak terbentuk dan tetap terjaga baik di lingkungan sekolah maupun di rumah.
Kata kunci : Perilaku Disiplin, Cara Membentuk Disiplin Bibliografi : lembar 107-110
SS00012889 | SK 12889 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain