Text
Gambaran empati siswa pelaku verbal bullying : survei pada siswa kelas VIII di SMP Negeri Kelurahan Pegadungan , Jakarta Barat
GAMBARAN EMPATI SISWA PELAKU VERBAL BULLYING
(Survei pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri Kelurahan Pegadungan, Jakarta Barat)
(2017)
LAMBOK MELINDA SILITONGA
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi serta data secara empiris mengenai gambaran empati siswa pelaku verbal bullying di SMP Negeri Kelurahan Pegadungan, Jakarta Barat. Populasi pada penelitian ini berjumlah 614 siswa dengan sampel berjumlah 32 siswa. Metode yang digunakan adalah survei pada 32 siswa pelaku verbal bullying. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes empati siswa pelaku verbal bullying dengan bentuk pilihan ganda terdiri dari empat pilihan jawaban dan dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas siswa berada pada kategori sedang yaitu 24 siswa (75%), 6 siswa berada pada kategori tinggi (18,75%) dan 2 siswa berada pada kategori rendah (6,25%). Empati pada dimensi kognitif memperoleh persentasi tertinggi yaitu sebesar 78,13% daripada empati afektif sebesar 46,86%. Guru BK seharusnya memiliki program intervensi yang tepat bagi pelaku verbal bullying agar verbal bullying tidak terulang lagi di masa depan.
Kata kunci : Verbal bullying, Empati, Pelaku verbal bullying BIbliografi : lembarr 124-127
SS00012892 | SK 12892 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain