Text
Strategi pembelajaran menulis lanjutan (mengarang) bagi peserta didik dengan hambatan penglihatan di kelas V-A SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta
STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS LANJUTAN (MENGARANG) BAGI
PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN DI KELAS V-A SLB-A
PEMBINA TINGKAT NASIONAL JAKARTA
(Studi Deskriptif di SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta) (2016) Syafitri Zahra
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara mendalam mengenai strategi pembelajaran menulis lanjutan (mengarang) di kelas V-A SLB-A Pembina Tingkat Nasional Jakarta. Jumlah responden dari penelitian ini adalah 8 orang yang terdiri dari 6 peserta didik, 1 guru kelas dan 1 koordinator kurikulum.Proses pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terdapat istilah multi metode (banyak metode) yang ditetapkan untuk pelaksanaan pembelajaran mengarang, salah satu metode yang unik adalah metode membaca. Guru membuat perencanaan pembelajaran mengarang ada yang dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran dilaksanakan. Terdapat metode membaca di dalam multi metode yang digunakan dalam pembelajaran mengarang. Pada pelaksanaan pembelajaran mengarang, guru menerapkan multi metode untuk membangun ide menulis bagi setiap peserta didik dan melakukan pembacaan cerita dongeng. Evaluasi pembelajaran mengarang dilakukan secara terbuka dan transparan. Penilaian sikap dalam pembelajaran mengarang ditujukan pada rasa empati dari peserta didik yang dibentuk dalam sebuah cerita. Sumber belajar yang kurang memadai tidak hanya dijadikan sebagai faktor penghambat, tetapi juga menjadi faktor pendukung dari pembelajaran mengarang. Saran bagi penelitian ini adalah harus dijalin kerjasama yang baik antara sekolah, guru dan orang tua untuk meningkat minat menulis lanjutan dalam diri peserta didik, terkhususnya yang sedang duduk di kelas V-A.
Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Menulis Lanjutan (Mengarang), Peserta Didik dengan Hambatan Penglihatan.
Bibliografi : lembar 132-133
SS00013009 | SK 13009 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain