Text
Strategi pembelajaran komputer bicara bagi peserta didik dengan hambatan penglihatan kelas IX SMP di SLB A Pembina Tingkat Nasional (studi deskriptif kualitatif di SLB A pembina tingkat Nasional) : studi deskriptif di kelas IX SLB A Pembina Tingkat Nasional
STRATEGI PEMBELAJARAN KOMPUTER BICARA BAGI PESERTA DIDIK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN KELAS IX SMP DI SLB A PEMBINA TINGKAT NASIONAL (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SLB A PEMBINA TINGKAT NASIONAL) (Studi Deskriptif di Kelas IX SMP SLB A Pembina Tingkat Nasional) TARUP ERWIN
ABSTRAK
Penelitian studi deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggali informasi strategi pembelajaran komputer bicara bagi peserta didik dengan hambatan penglihatan. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP, guru mata pelajaran komputer, dan kepala sekolah SLB A Pembina Tingkat Nasional dengan total responden sebanyak 6 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi yang dianalisis menggunakan refleksi analisis, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran komputer bicara bagi peserta didik dengan hambatan penglihatan di SLB A Pembina Tingkat Nasional membutuhkan evaluasi dalam pelaksanaannya dikarenakan konten pembelajaran kurang disesuaikan dengan kebutuhan siswa tersebut. Oleh sebab itu, guru perlu menerapkan asesmen sebelum merencanakan kegiatan pembelajaran agar berjalan efektif, efesien, dan sesuai dengan kebutuhan dasar siswa. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Komputer bicara, peserta didik dengan hambatan penglihatan
Bibliografi : lembar 115-116
SS00013008 | SK 13008 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain