Text
Pemahaman bahasa kedua bagi anak penghafal Alquran usia 6-7 tahun : penelitian kualitatif pada anak penghafal Alquran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Izzatus Sunnah, Pulogadung Jakarta Timur
PEMAHAMAN BAHASA KEDUA BAGI ANAK PENGHAFAL ALQURAN USIA 6-7 TAHUN (Penelitian Kualitatif pada Anak Penghafal Alquran Usia 6-7 Tahun di Sekolah Dasar Islam Terpadu Izzatus Sunnah, Pulogadung, Jakarta Timur) (2016)
Ayu Harsetianienrum
ABSTRAK
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menggali pemahaman bahasa kedua anak-anak penghafal Alquran usia 6-7 tahun di SDIT Izzatus Sunnah Pulogadung, Jakarta Timur. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak-anak penghafal Alquran usia 6-7 tahun dan belajar bahasa kedua di Sekolah Dasar Islam Terpadu Izzatus Sunnah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan di Sekola Dasar Islam Terpadu Izzatus Sunnah, Pulogadung. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan hasil penelitian pemahaman bahasa kedua anak usia 6-7 tahun, yaitu:1) anakanak yang memahami bahasa kedua dapat menerjemahkan kata dan kalimat dalam bentuk lisan dan tulisan yang dapat dilihat ketika proses pembelajaran bahasa Arab dan tugas yang mereka tulis. 2) kompenen bahasa kedua bagi anak [enghafal Alquran seperti fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, dan pragmatik dapat terlihat jelas perbedaaanya. 3) penggunaan bahasa kedua di lingkungan sekolah dapat terlihat ketika mereka berdoa, menjawab salam, menyapa, proses pembelajaran bahasa Arab, bermain dengan guru atau teman, dan meminta izin saat mau minum dan pergi ke toilet. Hasil ini menunjukan pemahaman bahasa kedua anak dapat dibangun melalui proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap anak sehingga dapat merancang kegiatan pembelajaran yang bervariasi dan inovatif untuk membangun pemahaman bahasa kedua anak usia dini.
Kata Kunci: Pemahaman, Bahasa Kedua, Penghafal Alquran. Bibliografi : lembar 170-174
SS00013007 | SK 13007 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain