Text
Upaya meningkatkan pemahaman pengukuran anak usia 6-7 tahun melalui media realia : penelitian tindakan di kelas 1 SD Negeri Pasar Manggis 03 Pagi
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENGUKURAN ANAK USIA 6-7 TAHUN MELALUI MEDIA REALIA (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Pasar Manggis 03, Jakarta Selatan)
(2017)
Angelica Anjani
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengukuran anak usia 6-7 tahun di SDN Pasar Manggis 03, Jakarta Selatan melalui media realia yang dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2017. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 11 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus. Masing-masing siklus terdapat perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing, dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan non tes untuk memperoleh data mengenai pelaksanaan tindakan dan data pemahaman pengukuran anak anak yaitu melalui observasi berupa catatan lapangan, catatan dokumentasi, dan catatan wawancara serta pedoman instrumen penilaian pemahaman pengukuran anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa media realia dapat meningkatkan pemahaman pengukuran anak anak usia 6-7 tahun. Implikasi dari penelitian ini yaitu media realia dapat dijadikan alternatif media untuk dapat membantu meningkatkan pemahaman pengukuran anak.
Kata kunci: Pemahaman Pengukuran Anak, Media Realia, Anak, Usia 6-7 Tahun Bibliografi : lembar 172-174
SS00013005 | SK 13005 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain