Text
Pengaruh realistic mathematics education terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas V SD di Kelurahan Utan Kayu Utara Jakarta Timur
PENGARUH REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN UTAN KAYU UTARA JAKARTA TIMUR (2017)
RIZKA EKARAHMI
ABSTRAK
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas V SD. Penelitian dilaksanakan di SDN Utan Kayu Utara 01, Kecamatan Matraman Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Utan Kayu Utara 01, Kecamatan Matraman Jakarta Timur. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Pretest Posttest Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes tertulis bentuk uraian. Instrumen tersebut diuji sebagai persyaratan analisis dengan pengujian normalitas dan homogenitas yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung sebesar 3,01, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 sebesar 1,67. Hasil pengujian hipotesis tersebut menunjukkan thitung lebih dari ttabel (3,01 > 1,67), artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Hal ini dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh positif Realistic Mathematics Education terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas V SD. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Realistic Mathematics Education dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan dalam pembelajaran matematika yang dapat mengembangkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas V SD.
Kata Kunci: Realistic Mathematics Education, kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas V SD.
Bibliografi : lembar 89-91
SS00012964 | SK 12964 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain