Text
Pengaruh strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, and Transferring) terhadap pemahaman matematis siswa kelas III di SD Kecamatan Cilodong Depok
PENGARUH STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING) TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS III SD DI KECAMATAN CILODONG DEPOK (2017) GINA TEYA ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) terhadap pemahaman matematis siswa kelas III SD. Penelitian dilaksanakan di SDN Sukamaju 3, Kecamatan Cilodong Depok. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes uraian. Instrumen tersebut kemudian diuji normalitas dan homogenitas sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung = 1,94 dengan dk = 64, sedangkan harga ttabel pada taraf signifikan (ɑ) = 0,05 dengan dk = 64 adalah sebesar 1,66. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel (1,94 > 1,66), maka artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Hal ini dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transfering) terhadap pemahaman matematis siswa kelas III SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dalam pembelajaran matematika untuk dapat menumbuhkan serta mengembangkan pemahaman matematis siswa kelas III SD.
Kata kunci : Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring), Pemahaman Matematis Siswa Kelas III SD.
Bibliografi : lembar94-96
SS00012965 | SK 12965 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain