Text
The analisis of intended learning outcomes in the English for SMA/MA/SMK/MAK year 11 texbook based on Bloom's revised taxonomy
ABSTRAK
Melisa Ajizah Dahtina. 2017. The Analysis of Intended Learning Outcomes in SMA/SMK/MA/MAK Year 11 Textbook based on The Bloom’s Revised Taxonomy, Jakarta: English Department, Faculty of Languages and Arts, State University of Jakarta. January 2017.
Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkatan ranah kognitif dan pengetahuan pada kegiatan pembelajaran dalam buku bahasa inggris untuk SMA/MA/SMK/MAK kelas 11 berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom and kesesuaiannya dengan kurikulum nasional 2013. Instrumen penelitian ini adalah table Revisi Taksonomi Bloom. 62 pernayataan indikator tujuan pembelajaran di buku guru kelas 11 tersebut dipilih sebagai sumber data. Metodologi penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif yang melihat indikator tujuan pembelajaran direpresentasikan ke dalam tingkat ranah kognisi dan pendistribusian didalam tingkatan ranah kognisi rendah dan tingkatan ranah kognisi tinggi. Kegiatan pembelajaran dikodekan berdasarkan skema pengkodean Revisi Taksonomi Bloom yang dirancang oleh Krathwohl (2002). Selanjutunya, data dianalisis lalu frekuensi dan persentase kemunculan tingkat ranah kognitif di semua bab dikalkulasikan. Hasil penelitian menyatakan bahwa 33,87% distribusi dari tingkat pemahaman dengan pengetahuan konseptual (B2) adalah pernyataan indikator tujuan pembelajaran yang paling sering muncul di dalam buku dimana tingkat ranah kognitif rendah adalah tingkatan ranah kognisi yang lebih banyak muncul di dalam buku tersebut. Penemuan menunjukan bahwa proses analisis dan pengetahuan metakognitif sama sekali tidak muncul pada pernyataan indikator tujuan pembelajaran di buku paket Bahasa Inggris kelas 11.
Kata Kunci: Indikator Tujuan Pembelajaran, Ranah Kognitif, Revisi Taxonomi Bloom Bibliografi : lembar 43-45
SS00012766 | SK 12766 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain