Text
Pengaruh kepemimpinan transformasional dan pemberdayaan terhadap motivasi berprestasi guru SMK Swasta di Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat
ABSTRAC
Sekolah itu dikatakan unggul jika mampu mendidik para siswanya menjadi pribadi yang cerdas spiritual, Cerdas emosional, Cerdas sosial,Cerdas intelektual, dan cerdas kinestetis. Pribadi-pribadi yang ikianlah yang akan mampu bertahan dalam mengikuti persaingan global yang makin berat ini. Untuk enghasilkan pribadi yang unggul diperlukan para pendidik yang unggul pula. Pendidik yang unggul berarti pendidik yang memiliki motivasi berprestasi yang tinggi. Motivasi berprestasi guru juga ditentukan oleh gaya epemimpinan kepala sekolah dan pemberdayaan para guru. Hal ini didukung oleh pendapat Gibson, “transformational leader motivates followers to work for achievement and self-actualization”. Pemimpin transformasional mendorong para karyawan untuk melakukan pekerjaan dengan baik demi tercapainya prestasi dan aktualisasi diri. Kemampuan dan kerelaan para guru untuk siap melaksanakan tugas dengan motivasi berprestasi tinggi tergantung pada beberapa faktor. Faktor tersebut antara lain, pemberdayaan terhadap para guru dalam mengoptimalkan penggunaan potensinya. De Janazs Mengemukakan bahwa, “with empowerment, people have greater sense of achievement, improved confidence and self-esteem, and sense of belonging”. Dengan diberdayakan karyawan akan memiliki kepekaan yang lebih besar untuk berprestasi, meningkatkan percaya diri dan keterlibatan dalam institusi. Selain itu para guru rela bekerja sebaik mungkin karena kepala sekolah memberikan perhatian secara individual dan menghargai prestasi mereka. Bass & Riggio menyatakan “at the heart of transformational leadership is the development of followers, with much of this occurring through effective empowering of followers by leaders”. Inti dari kepemimpinan transformasional adalah perkembangan karyawan. Hal ini dapat terjadi jika pemimpin memberdayakan karyawan secara efektif.
Bibliografi : lembar 101-102
TM00004936 | TM 4936 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain