Text
Cultural contents authentic reading materials for senior high school studens
ABSTRAK
Epti Wahyu Sejati. Januari, 2017. Cultural Contents in Authentic Reading Materials for Senior High School Students. Skripsi. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Ketika belajar bahasa, otomatis kita belajar budaya. budaya dapat terkandung dalam bahan bacaan otentik dalam pengajaran bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis konten budaya yang terkandung dalam bahan otentik dan kemudian melihat jenis budaya yang dominan di bahan bacaan otentik untuk siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode analisis isi untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa isi budaya yang terkena bahan otentik adalah budaya sumber (budaya negara peserta didik sendiri), budaya target (budaya dari negara-negara di mana bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pertama), dan budaya internasional (budaya negara-negara di mana bahasa Inggris bukan bahasa pertama). Dan jenis yang paling dominan dari budaya yang terkandung dalam data adalah budaya target dengan 47%, dan kemudian diikuti oleh budaya sumber 38% dan budaya internasional 15%. Rekomendasi dari penelitian ini adalah bahwa ketika menggunakan materi yang otentik dalam pembelajaran Bahasa, muatan budaya harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran sehingga kesalah pahaman dalam pengenalan unsur budaya pada siswa.
Kata kunci: Kultur bahasa target, Kultur bahasa ibu, kultur internasional, materi otentik.
Bibliografi : lembar 48-50
SS00012768 | SK 12768 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain