Text
Interactive metadiscourse in findings section and discussion section of international journal articles
ABSTRAK
Nabilah Filzah Nur Wijaya, 2016. Interactive Metadiscourse in Findings Section and Discussion Section of International Journal Articles. A Thesis. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Januari 2017.
Penelitian ini dilakukan untuk menginvestigasi penggunaan dan fungsi dari interactive metadiscourse pada bagian temuan dan pembahasan di dalam jurnal artikel internasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang menggunakan desain deskriptif analisis. Konten analisis digunakan dalam penelitian ini sebagai metode untuk menganalisi kegunaan dari interactive metadiscourse yang dikemukakan oleh Hyland (2005) didalam 10 jurnal artikel dari The Journal of AsiaTEFL. Jurnal artikel yang di investigasi dipilih berdasarkan topik yang terkait dengan pengajaran Bahasa Inggris. Setelah data dianalisa, ditemukan 624 penggunaan dari interactive metadiscourse. Kelima penanda daripada interactive metadiscourse; Transitions, Frame Markers, Endhoporic Markers, Evidentials, dan Code Glosses, digunakan di semua jurnal artikel yang dianalisis. Kelima penanda mempunyai fungsinya masing-masing, namun secara fungsional berperan dalam membangun kebutuhan pembaca. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penulis dari jurnal-jurnal artikel tersebut memperhatikan keberadaan pembacanya. Karena itu, jurnal-jurnal artikel mereka ditulis secara komunikatif untuk mempermudah para pembacanya.
Kata Kunci: Metadiscourse; Hyland Classifications of Interactive Metadiscourse; Findings; Discussion; Journal Articles.
Bibliografi : lembar 56-59
SS00012866 | SK 12866 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain