Text
Metode pembelajaran Tari Senandung Ujung Utara di Sanggar Langkadura Kabupaten Natuna Kepulauan Riau
ABSTRAK
Syarifiza. 2017. Metode Pembelajaran Tari Senandung Ujung Utara di Sanggar Langkadura Kabupaten Natuna Kepulauan Riau. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode-metode yang digunakan dalam proses pembelajaran tari Senandung Ujung Utara di Sanggar Langkadura Kabupaten Natuna Kepulauan Riau. Penerapan metode tersebut menghasilkan peserta didik yang berkualitas sehingga mampu menjadikan Sanggar Langkadura unggul dalam kesenian, terutama seni tari. Latar belakang penelitian ini adalah melihat beberapa prestasi yang diraih Sanggar Langkadura, sehingga tertarik untuk meneliti metode yang digunakan dalam proses pembelajaran tari Senandung Ujung Utara. Penelitian ini telah dilaksanakan di Sanggar Langkadura Kabupaten Natuna Kepulauan Riau sejak Juli sampai dengan Agustus 2016 dengan memfokuskan pada metode yang dilakukan pelatih dalam memberikan materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam proses penelitian tentang metode pembelajaran di Sanggar Langkadura adalah dengan pengamatan, wawancara, studi dokumen, dan studi pustaka. Hasil penelitian diperoleh data bahwa metode yang digunakan adalah metode ceramah, metode demonstrasi, metode imitatif dan metode latihan. Selain dari penerapan metode tersebut, pelatih di Sanggar Langkadura menggunakan evaluasi pembelajaran sebagai hasil akhir untuk menentukan keberhasilan peserta didik dalam menerima materi dan keberhasilan pelatih dalam memberikan materi tari Senandung Ujung Utara.
Kata kunci : Metode Pembelajaran sanggar, penerapan metode pembelajaran Bibliografi : lembar 72-74
SS00012869 | SK12869 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain