Text
Peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran the power of to untuk siswa kelas III SDN Jati 03 Pagi Pulo Asem Utara Jakarta Timur
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK SISWA KELAS III SD
(Peneliti tindakan kelas SDN Jati 03 Pagi Pulo Asem Utara Jakarta Timur 2016)
Hasni Yesmin. N. Koso
ABSTRAK
Peneliti tindakan kelas ini bertujuan untuk menganalisis upaya peningkatan hasil belajar IPS melalui Metode Pembelajaran The Power of Two. Penelitian ini di laksanakan di SDN Jati 03 Pagi Pulo Asem Utara Jakarta Timur dengan subjek penelitian kelas III yang berjumlah 32 orang pada semester I tahun pelajaran 2016/2017. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggar, serta dilaksanakan dalam siklus 2 dengan materi Pokok bahasan Melakukan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta tahap refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dalam peningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran The Power of Two. Pada siklus I 40% dari 13 siswa pada siklus II 93% dari 30 siswa. Berdasarkan temuan hasil Peneliti Tindakan Kelas ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran The Power of Two dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas III SDN jati 03 Pagi Pulo Asem Utara Jakarta Timur.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Metode The Power of Two Bibliografi : lembar 93-94
SS00012913 | SK12913 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain