Text
Peningkatan sikap ilmiah siswa kelas V dalam pembelajaran IPA melalui strategi discovery learning : studi penelitian tindakan kelas di SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat
PENINGKATAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI DISCOVERY LEARNING
(Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cempaka Putih Batat 03 Jakarta Pusat)
Siti Mulhamah
ABSTRAK
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat. Penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA melalui strategi discovery learning kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat yang berjumlah 38 siswa, terdiri dari 22 siswa perempuan dan 16 siswa lakilaki. Penelitian tindakan ini dilakukan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Peneltitian tindakan kelas ini melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak II siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Pada siklus I, hasil data kuesioner sikap ilmiah siswa dengan persentase 73,68%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 89,74%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan strategi discovery learning dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa kelas V SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui tingkat sikap ilmiah siswanya sehingga dapat merancang proses pembelajaran IPA guna meningkatkan sikap ilmiah siswa.
Kata Kunci: sikap ilmiah, strategi discovery learning Bibliografi : lembar 114-116
SS00012916 | SK 12916 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain