Text
Penerapan metode pembelajaran karyawisata pada mata pelajaran sejarah bagi siswa SMP Homeschooling Primagama Jakarta
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KARYAWISATA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH BAGI SISWA SMP HOMESCHOOLING PRIMAGAMA JAKARTA
(2017)
Ita Rosfita
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran karyawisata pada mata pelajaran sejarah bagi siswa SMP Homeschooling Primagama Jakarta. Penerapan metode pembelajaran karyawisata dengan penerapan model ASSURE (Analyze Learners, State Standards and Objectives, Select Method, Technologies, Media,and Materials, Utilize Technology, Media and Materials, Require Learner Participation, Evaluate and Revise). Berdasarkan metodenya penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Homeschooling Primagama Jakarta dengan responden 2 guru dan 9 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penyebaran kuesioner, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran karyawisata pada mata pelajaran sejarah di SMP Homeschooling Primagama sudah mengandung penerapan unsurunsur ASSURE. Maka dalam penerapan metode pembelajaran karyawisata pada mata pelajaran sejarah bagi peserta didik SMP Homeschooling Primagama Jakarta dapat dilaksanakan kembali di masa yang akan datang karena peserta didik menjadi lebih memahami materi yang dipelajari. Namun demikian, harus lebih diperhatikan kekurang-kekurangannya dalam pelaksanaan, tujuannya agar hasil belajar lebih baik.
Kata Kunci: Penerapan, Metode Pembelajaran, Karyawisata, Sejarah, Homeschooling.
Bibliografi : lembar 163-166
SS00012918 | SK 12918 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain