Text
Pengaruh desain kerja dan efikasi diri terhadap kinerja guru SMK Swasta di Kabupaten Bogor
ABSTRAC
Kinerja para guru sebagai sumber daya manusia di sekolah merupakan salah satu tolok ukur tinggi rendahnya kualitas pendidikan. Pendidikan dinyatakan berkualitas apabila guru bekerja mengacu pada visi, misi, tujuan, sasaran pendidikan yang disusun untuk menjawab perubahan dengan menggerakan potensi sumber daya yang ada dalam lembaga pendidikan. Seorang guru perlu memiliki kinerja yang tinggi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, sehingga mampu mendorong dan memotivasi untuk lebih bertanggung jawab dalam melaksakan tugas yang telah diberikan. Kinerja guru mempunyai spesifikasi tertentu. Kinerja guru dapat dilihat dan diukur berdasarkan spesifikasi atau kriteria kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru. Berkaitan dengan kinerja guru, wujud perilaku yang dimaksud adalah kegiatan guru dalam proses pembelajaran. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja adalah desain kerja dan efikasi diri. Hal ini sesuai dengan teori dari Hackman and Oldham, “sought to provide a detailed and accurate account of the effects of job design on motivation, performance, job satisfaction, and other important aspects of organizational behavior.” Pengaruh desain kerja terhadap motivasi, kinerja, kepuasan kerja, dan aspek penting lain dari organisasi perilaku. Ketika karyawan secara intrinsik termotivasi, Hackman dan Oldham beralasan, kinerja yang baik membuat mereka merasa nyaman. Ini perasaan memotivasi mereka untuk terus tampil ke tingkat lebih tinggi, sehingga kinerja yang baik menjadi memperkuat diri. Pencapaian suatu tujuan tidak terlepas dari efikasi diri atau keyakinan guru dalam bekerja. Dengan adanya efikasi diri yang dimiliki guru akan meningkatkan kinerjanya. Dengan kata lain, seorang guru akan melakukan semua pekerjaannya dengan baik apabila mempunyai efikasi diri. Bandura yang dikutip oleh Fred C. Lunenburg, mengatakan, “self-efficacy has powerful effects on learning, motivation, and performance, because people try to learn and perform only those tasks that they believe they will be able to perform successfully. Self-efficacy affect learning and performance in following way.” Efikasi diri memiliki pengaruh yang kuat pada pembelajaran, motivasi, dan kinerja.
Bibliografi : lembar 109-110
TM00004944 | TM 4944 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain