Text
Upaya meningkatkan motivasi belajar IPA melalui model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) di kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta selatan
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DI KELAS IV SDN MENTENG ATAS 06 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN (2017)
Jani Faturrahmi
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan, motivasi belajar IPA melalui model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) tentang Benda dan Sifatnya dan Sifat Bahan dan Kegunaanya pada siswa kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan sebanyak 24 orang. Penerapan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada pokok bahasan tersebut antara lain bertujuan agar siswa mampu membangun ide-ide atau gagasan dan kreativitas melalui interaksi dari teman maupun lingkungan sekitar. Kesimpulan motivasi belajar IPA pada siklus I yang masuk kategori motivasi belajar IPA sangat tinggi sebesar 62,5%. Persentase ini meningkat pada siklus II yaitu sebesar 87,5%. Berdasarkan data pemantauan tindakan guru dan siswa pada siklus I adalah 67,5% meningkat menjadi 91,25%. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran melalui model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan menjadi lebih baik.
Kata kunci: Model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS), motivasi belajar Bibliografi : lembar 86-87
SS00012921 | SK 12921 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain