Text
Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Sosiologi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams games Tournament (TGT) di SMA Negeri 2 Tangerang
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SMA NEGERI 2 TANGERANG
(2017)
Dinda Ramadhia Zakya
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Sosiologi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tangerang dengan subjek penelitian kelas XI IIS 1 yang berjumlah 40 siswa pada semester 1, tahun ajaran 2016-2017. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dikembangkan oleh Kemmis Teggart, dimana tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus dengan materi pokok permasalahan sosial di masyarakat. Dalam setiap siklus PTK ini terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan juga refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, lembar pengamatan, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) ini mengalami peningkatan di setiap siklus. Pada siklus pertama hasil belajar siswa ialah 71,2 dan meningkat kembali pada siklus kedua menjadi 83,2. Berdasarkan temuan yang penggunaan model pembelajaran tipe teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Ssiologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Tangerang.
Kata Kunci: Hasil belajar, Sosiologi, Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament.
Bibliografi : lembar 135-136
SS00012922 | SK 12922 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain