Text
Analisis konsumsi bahan bakar bensin pada kendaraan hemat energi jenis prototype dengan sistem injeksi untuk kontes mobil hemat energi
ABSTRAK
HERNELLI IDHA. Analisis konsumsi bahan bakar bensin pada kendaraan hemat energi jenis prototype dengan sistem injeksi untuk kontes mobil hemat energi. Pembimbing Nugroho Gama Yoga, S.T., M.T. dan Dr. Catur Setyawan Kusumohadi. Skripsi, Jakarta: Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Januari 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kecepatan dan cara pengendalian optimum pada kendaraan prototype hemat energi sehingga mendapatkan konsumsi bahan bakar yang optimal untuk kontes mobil hemat energi. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui pengaruh Air Fuel Ratio terhadap konsumsi bahan bakar. Semua pengujian dalam penelitian ini mengacu pada regulasi Kones Mobil Hemat Energi.
Dalam penelitian ini, pengujian yang dilakukan adalah pengujian dengan variabel kecepatan 20 km/jam, 25 km/jam dan 30 km/jam. Dan dengan dua cara pengendalian yang berbeda yaitu, kontinuitas dan stop and go. Proses pengujian diawali dengan pengaturan AFR. Setelah AFR optimal didapat, dilanjutkan dengan race sejauh 1.86km (2 lap) dengan variabel kecepatan dan cara pengendalian yang berbeda.
Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan nilai konsumsi bahan bakar setelah dikonversi pada kecepatan 20 km/jam dengan sistem kontinuitas sebesar 58.125 km/l, 25 km/jam sebesar 62 km/l dan 30 km/jam sebanyak 70.18868 km/l sedangan dengan sistem stop and go pada kecepaan 20km/jam didapatkan hasil sebesar 413.3 km/l, 25 km/jam sebesar 344.4 km/l dan 30 km/jam sebesar 241.558 km/l. Berdasarkan hasil tersebut didapat kecepatan dan cara pengendalian optimum pada kecepatan 20 km/jam dan cara pengendalian stop and go.
Kata kunci: Prototype, Bensin, KMHE,.Bibliografi : lembar 61
SS00012952 | SK 12952 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain