Text
Hubungan soft skill terhadap kualitas pelayanan perawatan badan di salon kecantikan : studi kasus di Diarra Queen Beauty dan Spa
ABSTRAK
Sinta Prabawati Kirana, Hubungan Soft Skill Terhadap Kualitas Pelayanan Perawatan Badan Di Salon Kecantikan (Studi Kasus Di DiarraQueen Beauty & Spa). Skripsi:Program Studi Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2017. Penelitian ini bertujuan mendapatkan data yang sahih dan dapat dipercaya secara empiris mengenai Hubungan Soft Skill Terhadap Kualitas Pelayanan Perawatan Badan Di Salon Kecantikan (Studi Kasus Di DiarraQueen Beauty & Spa). Penelitian dilakukan pada bulan November - Desember 2016 di Puloasem Utara, Jakarta Timur dengan menggunakan metode survei, dengan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan DiarraQueen Beauty & Spa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purpossive sampling, dalam penelitian ini 30 pelanggan dipilih berdasarkan kriteria khusus, yaitu pelanggan yang melakukan perawatan badan dan pelanggan yang melakukan kunjungan ke DiarraQueen Beauty & Spa minimal 2 kali kunjungan. Uji coba instrumen penelitian dilakukan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas instrumen yang akan dijadikan alat pengumpul data. Dari pengujian validitas variabel X menghasilkan 40 butir pernyataan yang diujikan mendapatkan 31 butir pernyataan yang valid dan 9 butir pernyataan yang drop, sedangkan validitas variabel Y menghasilkan 40 butir pernyataan yang diujikan mendapatkan 30 butir pernyataan yang valid dan 10 butir pernyataan yang drop. Uji reliabilitas instrumen menghasilkan angka reliabilitas sebesar 0,954 untuk variabel X dan 0,955 untuk variabel Y, dari keduanya menunjukkan instrumen penelitian memiliki tingkat reliabilitas yang sangat tinggi. Untuk uji persyaratan analisis, peneliti menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov yang menunjukkan nilai probabilitas (Sig.) sebesar 0,200 (variabel X) lebih besar dari taraf signifikansi (α) 0,05 dan sebesar 0,081 (variabel Y) lebih besar dari taraf signifikansi (α) 0,05. Hal ini menyatakan bahwa populasi berdistribusi normal. Untuk uji keberartian regresi, peneliti menggunakan tabel ANAVA yang menghasilkan Fhitung sebesar 16,124 lebih besar dari Ftabel sebesar 4,20 dengan taraf signifikansi 5% sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa persamaan regresi berarti dan untuk uji linearitas regresi, menunjukkan Fhitung sebesar 0,694 dan Ftabel sebesar 3,44 sehingga diketahui Fhitung < F tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa sampel memiliki regresi linier. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan uji koefisien product moment dan uji t. Hasil menunjukkan r hitung sebesar 0,605 lebih besar dari r tabel 0,361 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji t menunjukkan nilai sig. 0,028 lebih kecil dari sig. 0,05 yang berarti signifikan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara soft skill (X) dan kualitas pelayanan (Y) pada pelanggan. Kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi dunia pendidikan dan praktisi kecantikan, bahwa soft skill dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
KATA KUNCI: Soft Skill, Kualitas Pelayanan, Pelanggan DiarraQueen Beauty & Spa Bibliografi : lembar 79-81
SS00012947 | SK 12947 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain