Text
Pengembangan media pembelajaran majalah energi alternatif pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Dasar
ABSTRAK
MOCH. RIVA VALAGUNA, Pengembangan Majalah Energi Alternatif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Pembimbing Prasetyo Wibowo Y, ST., M.Eng dan Djaohar, M.Sc
Kurangnya pemahaman siswa pada materi energi alternatif pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Media pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif penting dilakukan untuk membantu proses belajar siswa, sehingga siswa lebih tertarik untuk membaca suatu materi pelajaran dan lebih mudah memahami materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk media cetak berupa majalah pelajaran yang membahas tentang energi alternatif dengan sasaran penelitian siswa Sekolah Dasar kelas 4. Metode yang digunakan dalam pembuatan majalah adalah Research and Development karena mampu mengatasi kebutuhan nyata melalui pengembangan solusi pada suatu masalah dan dapat menghasilkan produk yang memiliki validitas tinggi karena sudah melalui proses uji validasi oleh tim ahli dan uji coba lapangan. Majalah sudah di validasi oleh 1 ahli media dengan persentase 100%, 1 ahli materi dengan persentase 100%, 5 responden skala kecil dengan persentase 95% dan 30 responden skala besar dengan persentase 97,71%. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran majalah energi alternatif secara keseluruhan mendapatkan kriteria sangat baik dan sangat layak digunakan untuk siswa Sekolah Dasar kelas 4 karena siswa mampu memahami dengan baik materi yang ada pada majalah energi alternatif.
Kata Kunci: Media, Pembelajaran, Majalah, Energi Alternatif BIbliografi : lembar 72-74
SS00012944 | SK 12944 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain