Text
Language learning strategies used by Britzone English Club Students in their speaking activitas
ABSTRAK
Meithy Nurul Azizah. 2017. Language Learning Strategies Used by Britzone English Club Students in Their Speaking Activities. Skripsi. English Department, Faculty of Language and Arts, Universitas Negeri Jakarta.
Siswa memiliki strategi yang berbeda terutama dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Strategi pembelajaran bahasa mendorong kontrol diri dengan memberikan inisiatif peserta didik dan kepercayaan diri dalam menggunakan bahasa baru di luar kelas. Dalam penelitian ini, penulis fokus mencari strategi pembelajaran bahasa apa yang digunakan oleh siswa Britzone English Club dalam kegiatan berbicara mereka. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi kelas dan wawancara. Ada sekitar 10 sampai 20 siswa di Britzone yang menjadi objek penelitian berumur 20 - 30 tahun. Penelitian ini dilakukan selama sekitar sepuluh bulan, dari April 2016 sampai Januari 2017. Berdasarkan temuan, data menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran bahasa yang digunakan siswa di dalam presentase yaitu memori (4%), kognitif (14%), kompensasi (13%), metakognitif (30%), afektif (13%), dan sosial (26%). Studi ini mengemukakan bahwa strategi pembelajaran yang dominan digunakan oleh siswa Britzone English Club dalam kegiatan berbicara mereka adalah strategi metakognitif. Strategi metakognitif membantu siswa untuk mengelola proses belajar berbicara. Hal ini sering digunakan oleh siswa dalam belajar berbicara sehingga dapat mempengaruhi kemampuan berbicara siswa.
Kata kunci: Strategi belajar bahasa, berbicara, kemampuan berbicara Bibliografi : lembar 42-43
SS00012954 | SK 12954 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain