Text
English teacher's strategies in teaching a learning disability student in SMPN 62 Jakarta : a case study
Nosmalasari. Strategi Pengajaran Guru Bahasa Inggris dalam Mengajar Siswa dengan Gangguan Belajar di SMPN 62 Jakarta. (Studi Kasus). Tesis. Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi strategi pengajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar seorang siswa dengan gangguan belajar, mendeskripsikan bagaimana strategi pengajaran itu diimplementasikan, dan untuk menginvestigasti respon dari siswa dengan gangguan belajar terhadap pengimplementasian strategi pengajaran di SMPN 62 Jakarta. Sebuah penelitian kualitatif dengan studi kasus sebagai metode penelitian digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi dan analisis dokumen, dan sumber datanya adalah seorang guru Bahasa Inggris dan siswa dengan gangguan belajar di SMPN 62 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 8 November 2016 sampai 8 Desember 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengajar siswa dengan gangguan belajar dengan menggunakan Direct Instruction dan mengintegrasikan teknologi. Guru mengaplikasikan beberapa aktifitas yang mengindikasikan Direct Instruction dan menggunakan papan tulis, notebook dan LCD Proyektor untuk mendukung pengajarannya. Temuan terakhir menunjukkan siswa dengan gangguan belajar hanya memberikan respon pada tingkatan “menerima” seperti mengikuti kelas dan memperhatikaan guru. Sedangkan pada level “merespon” siswa merespon dan melaksanakan instruksi guru, dan menyelesaikan tugas-tugas.
Kata kunci: strategi pengajaran, siswa dengan gangguan belajar, respon siswa Bibliografi : lembar 73-77
SS00012955 | SK 12955 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain