Text
Upaya meningkatkan kecerdasan interpersonal dalam mata pelajaran IPS melalui pembelajaran kontekstual pada peserta didik kelas III SDN Bendungan Hilir 01 Pagi Jakarta
UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN BENDUNGAN HILIR 01 PAGI JAKARTA PUSAT
(Studi Penelitian Tindakan Kelas) 2017
HESTI SULISTIOWATI
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial menggunakan pembelajaran kontekstual pada peserta didik kelas III SDN 01 Bendungan Hilir. Penelitian ini diadakan di SDN 01 Bendungan Hilir Jakarta Pusat dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 32 peserta didik. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan dan dokumentasi atau pengambilan foto saat proses mengajar dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan data kecerdasan interpersonal peserta didik pada siklus I sebesar 68,75 % dan siklus II sebesar 87,50 % dari target keberhasilan 85% peserta didik mendapat skor ≥ 70. Adapun data pemantau tindakan guru yang diperoleh melalui proses belajar menggunakan pembelajaran kontekstual pada siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 100% sedangkan data pemantau tindakan peserta didik pada siklus I sebesar 83,33 % dan siklus II sebesar 94%. Hasil ini menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal peserta didik dapat ditingkatkan dengan pembelajaran kontekstual. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual dapat dijadikan sebagai pilihan oleh guru agar kecerdasan interpersonal peserta didik semakin meningkat dan peserta didik dapat merasakan pembelajaran yang nyata.
Kata Kunci : Kecerdasan interpersonal, Pembelajaran kotekstual. Bibliografi : lembar 130-131
SS00012986 | SK 12986 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain