Text
Pengaruh metode think pair share dengan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel kelas VIII pada MTS Al Islamiyah Jakarta
ABSTRAK
AHMAD ZIKRI, 2017. Pengaruh Metode Think Pair Share dengan Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fabel pada Siswa Kelas VIII MTs. Al-Islamiyah Jakarta. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Think Pair Share dengan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel pada siswa kelas VIII MTs. Al-Islamiyah Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2016-2017, semester satu bulan November di kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian adalah pretesposttes. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII di MTs. Al-Islamiyah Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random atau acak, yang diambil dua kelas, yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dn VIII2 sebagai kelas kontrol yang merupakan kelas yang menggunakan metode yang diterapkan oleh guru. Kelas eksperimen mendapat perlakuan berupa penggunaan metode Think Pair Share dengan media gambar berseri. Selain itu, jumlah siswa dari kedua kelas yang dijadikan sampel memiliki jumlah yang sama, yakni 38 siswa. Hasil kedua bentuk pembelajaran tersebut kemudian dibandingkan dan dilihat untuk memastikan ada atau tidaknya pengaruh antara metode Think Pair Share dengan media gambar berseri dengan kelas yang menggunakan metode yang diterapkan oleh guru. Instrumen yang digunakan ialah tes kemampuan menulis teks cerita fabel. Berdasarkan analisis uji homogentitas dapat disimpulkan bahwa sampel yang digunakan dalam penelitian ini memiliki varian yang homogen. Didapatkan nilai rata-rata kemampuan menulis teks cerita fabel pada prates kelas eksperimen adalah 73,68, sedangkan nilai pascates kelas eksperimen adalah 91,38. Pada kelas kontrol prates siswa adalah 61,40, sedangkan rata-rata hasil pascates siswa adalah 84,39. Dari data tersebut terlihat bahwa kemampuan menulis teks cerita fabel kelas kontrol terbilang cukup, sedangkan pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal tersebut tentunya disebabkan karena adanya perlakuan pada kelas eksperimen berupa metode Think Pair Share dengan media gambar berseri. Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh thitung sebesar 5,26 dan ttabel sebesar 2,37 pada dk=74 dan taraf signifikan α=0,05. Maka dapat disimpulkan thitung>ttabel. Jadi dapat dinyatakan bahwa Ha ditolak (ada pengaruh). Artinya ada pengaruh metode Think Pair Share dengan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks cerita fabel kelas VIII MTs. Al-Islamiyah Jakarta.
Kata kunci: metode, media gambar berseri, menulis teks cerita fabel
Bibliografi : lembar 207-210
SS00012963 | SK 12963 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain