Text
Upaya meningkatkan kecerdasan naturalis dalam mata pelajaran IPA melalui pembelajaran kontekstual pada peserta didik kelas III SDN Bendungan Hilir 01 Pagi Jakarta Pusat : studi penelitian tindakan kelas
UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS DALAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN BENDUNGAN HILIR 01 PAGI JAKARTA PUSAT
(Studi Penelitian Tindakan Kelas)
(2017)
MUHAMAD AKBAR FADILAH
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan naturalis dalam mata pelajaran IPA menggunakan pembelajaran kontekstual pada peserta didik kelas III SDN 01 Bendungan Hilir. Penelitian ini diadakan di SDN 01 Bendungan Hilir Jakarta Pusat dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 29 peserta didik. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model spiral/siklus dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua tahap siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan dan dokumentasi atau pengambilan foto saat proses mengajar dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan data kecerdasan naturalis peserta didik pada siklus I sebesar 62,06 % dan siklus II sebesar 89,65 % dari target keberhasilan 85% peserta didik mendapat skor ≥ 70. Adapun data pemantau tindakan guru yang diperoleh melalui proses belajar menggunakan pembelajaran kontekstual pada siklus I sebesar 72,72% dan siklus II sebesar 100% sedangkan data pemantau tindakan peserta didik pada siklus I sebesar 81,81 % dan siklus II sebesar 90,90%. Hasil ini menunjukkan bahwa kecerdasan naturalis peserta didik dapat ditingkatkan dengan pembelajaran kontekstual. Oleh sebab itu pembelajaran kontekstual dapat dijadikan sebagai pilihan oleh guru dalam proses belajar mengajar di kelas agar kecerdasan naturalis peserta didik semakin meningkat dan peserta didik dapat merasakan pembelajaran yang dapat diterapkan dan dihubungkan dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci : Kecerdasan naturalis, Pembelajaran kotekstual. Bibliografi : lembar 106-107
SS00012987 | SK 12987 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain