Text
Peningkatan sikap hormat siswa melalui pembelajaran PKN materi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan pendekatan saintifik : penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SDN Rawamangun 09 Jakarta Timur
Peningkatan Sikap Hormat Siswa Melalui Pembelajaran PKn Materi Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia Melalui Pembelajaran Saintifik di Kelas V SDN Rawamangun 09 Jakarta Timur 2017
Nuraini
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap hormat siswa melalui pembelajaran PKn materi keutuhan NKRI dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini diadakan di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V pada semester satu tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 29 orang. Peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas model spiral/ siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dan setiap siklus melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Teknik pengambilan data dilakukan melalui pengamatan/ observasi, kuesioner dan dokumentasi yang diambil pada saat pembelajaran PKn berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan data yang diperoleh dari tindakan guru dalam mengelola proses pembelajaran pada siklus I mencapai 77,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 90%. Di sisi lain, data yang diperoleh untuk tindakan siswa selama mengikuti pembelajaran PKn dengan pendekatan saintifik pada siklus I mencapai 70% dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5%. Adapun persentase siswa yang mencapai skor sikap hormat ≥ 85 pada siklus I sebanyak 58,62% dan mencapai target pada siklus II dengan persentase 89,65%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PKn materi keutuhan NKRI dengan pendekatan saintifik dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan sikap hormat siswa. Kata Kunci : Sikap Hormat, Pembelajaran PKn, Pendekatan Saintifik Bibliografi : lembar 140-141
SS00012989 | SK 12989 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain