Text
Peningkatan hasil belajar IPA tentang mengenal bagian-bagian utama pada hewan dan tumbuhan melalui metode penemuan terbimbing pada siswa kelas II di SD Islam Al Azhar 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG MENGENAL BAGIAN-BAGIAN
UTAMA PADA HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI METODE PENEMUAN
TERBIMBING PADA SISWA KELAS II SD ISLAM AL AZHAR 1 KEBAYORAN BARU
JAKARTA SELATAN
Siti Halijah
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang mengenal bagian-bagian utama pada tubuh hewan dan tumbuhan. Penelitian dilaksanakan di SD Islam Al Azhar 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, dengan subjek penelitian siswa kelas 2 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart, yang dilakukan selama dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Proses pengumpulan data melalui tes hasil belajar secara tertulis (tes tulis dan tes unjuk kerja), khususnya tentang mengenal bagian-bagian utama pada tubuh hewan dan tumbuhan dan non tes berupa hasil observasi pelaksanaan metode penemuan terbimbing, dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan siswa, jurnal harian siswa, catatan lapangan dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, khususnya tentang mengenal bagian-bagian utama pada tubuh hewan dan tumbuhan, dengan menerapkan metode penemuan terbimbing. Hal ini dibuktikan dengan nilai tes hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 76% siswa yang tuntas, meningkat pada siklus II mencapai 100% siswa yang tuntas. Kegiatan guru dan siswa sesuai langkah-langkah metode ini mencapai 100% (mastery learning) pada akhir siklus II. Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing, membuat siswa dapat meningkatkan hasil berlajar IPA serta dapat mengembangkan kreativitas dan dapat bekerjasama dengan baik. Guru bisa mengembangkan metode ini secara inovatif sesuai kebutuhan siswa, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih kondusif, aktif, kreatif dan menyenangkan.
Kata kunci: Metode penemuan terbimbing, hasil belajar IPA, bagian-bagian utama pada tubuh hewan dan tumbuhan, penelitian tindakan.
Bibliografi : lembar 157-158
TM00004623 | TM 4623 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain