Text
Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis model pembelajaran kooperatif di kelas 1 Sekolah Dasar : penelitian dan pengembangan di SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS I SEKOLAH DASAR
( Penelitian dan Pengembangan di SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur )
MARTINA TABITA PONGALLO
ABSTRAK
Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk Lembar kegiatan siswa berbasis model pembelajaran kooperatif di kelas I SD. Penelitian ini dilakukan di SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur. Pengguna dalam produk ini adalah siswa kelas I Sekolah Dasar. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Borg dan Gall dengan sembilan tahapan,yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan draf produk, uji lapangan awal, revisi produk, uji lapangan utama, revisi produk operasional, uji pelaksanaan lapangan dan revisi produk akhir. Hasil Rekapitulasi Data yang didapatkan dari ahli materi, ahli bahasa , ahli media, dan ahli pemeriksa yaitu guru kelas I SD sebesar 90,4% yang berarti sangat baik. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa data rekapitulasi uji coba lapangan sebesar 90%, dan hasil rekapitulasi uji coba pelaksanaan lapangan sebesar 96%. Berdasarkan data, maka diperlukannya Lembar kegiatan siswa berbasis model pembelajaran kooperatif yang membuat siswa menjadi saling membantu dan bertanggung jawab dalam belajar baik individu maupun kelompok.
Kata kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif, Kelas I SD Bibliografi : lembar 141-143
SS00012972 | SK 12972 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain