Text
Perubahan Makna pada Jargon Pemain dalam Permainan Daring (Dalam Jaringan) atau Online Games
ABSTRAK
ANDI PRAJA MUKTI. 2014. Perubahan Makna pada Jargon Pemain dalam Permainan Daring (Dalam Jaringan) atau Online Games. Skripsi. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan makna pada argon Pemain dalam Permainan Daring (Dalam Jaringan) atau Online Games. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan Januari hingga Juni 2014. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan, menganalisis, dan mendeskripsikan perubahan makna pada jargon. Data tersebut diperoleh dengan cara mengumpulkan screencapture (tangkapan layar) obrolan dari 10 orang pemain permainan daring dengan lawan bicaranya masing-masing, lalu mengumpulkan kata-kata atau frasa yang termasuk ke dalam kriteria jargon, setelah itu menyebar kuisioner yang berisi jargon-jargon yang telah dikumpulkan kepada 6 orang pemain di 5 tempat permainan daring yang berbeda untuk mendapatkan makna kontekstual jargon. Data yang diperoleh berjumlah 71 jargon. Dari 71 jargon tersebut, ditemukan 58 jargon mengalami perubahan makna. Adapun jargon yang mengalami dua perubahan makna bahkan sampai tiga perubahan makna sekaligus, sehingga setelah diklasifikasikan berdasarkan jenis perubahan maknanya ditemukan total 86 perubahan makna. Dari 86 perubahan makna yang terjadi, 21 (24,41%) jargon mengalami perubahan makna akibat adanya asosiasi, 0 (0%) jargon mengalami perubahan makna meluas, 0 (0%) mengalami perubahan makna menyempit, 37 (43,02%) jargon mengalami perubahan makna total, 1 (1,16%) jargon mengalami perubahan makna penghalusan, 4 (4,65%) jargon mengalami perubahan makna pengasaran, dan 23 (26,74%) jargon mengalami perubahan makna yang disertai perubahan kelas kata. Perubahan makna total merupakan yang paling banyak terjadi. Para pemain permainan daring (dalam jaringan) cenderung merubah secara keseluruhan makna pada suatu jargon
Kata kunci: jargon, makna, perubahan makna, pemain permainan daring (dalam jaringan) atau online games
Bibliografi hal.: 74
SS00002573 | Sk 2573 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2014.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain