Text
Peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan teknik pembelajaran Round Table untuk siswa kelas V SDN Jati 03 Pagi Pulo Asem Jakarta Timur
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBELAJARAN ROUND TABLE UNTUK SISWA KELAS V SD (Penelitian di SDN Jati 03 Pagi Pulo Asem Utara Jakarta Timur)
RENNI SUJANNA Email :rennisujanna@gmail.com PGSD, FIP Universitas Negeri Jakarta
Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah siswa mengikuti proses pembelajaran dengan menggunkan teknik round teble pada pata pelejaran ilmu pengetahuan sosia (IPS) di sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas V SDN Jati 03 Pagi Pulo Asen Utara Jakarta Timur yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017 dengan materi kegiatan perekonomian dan jenis-jenis usaha perekonomian di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan pada siklus I dan siklus II, dilihat pada siklus I sebanyak 21 siswa dari 36 siswa yang mencapai KKM dengan presentase 58% dan siklus II sebanyak 32 siswa dari 36 siswa yang mencapai KKM 89%. Dari siklus I dan siklis II telah menunjukkan adanya peningkatan. Implikasi hasil penelitian ini menujukkan bahwa teknik pembelajaran round table dapat dijadikan teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Teknik Round Table Bibliografi : lembar 92-94
SS00013026 | SK 13026 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2017.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain